Maspolin.id

Sempat Kabur Ke Jawa Barat, Satu DPO Curas Berhasil Di Tangkap Polisi

Jombang,Maspolin.id – Widiyanto alias Tompel (22) pemuda asal Dusun Tempuran, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) diringkus anggota Satreskrim Polres Jombang.

Pelaku yang merupakan salah satu dari enam komplotan begal itu, ditangkap petugas kepolisian di Dusun Muter, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (17/6/2019) sekitar pukul 07.30 WIB.

Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Azi Pratas Guspitu mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan dari Laporan Perkara (LP) kasus pada tahun 2018 tepatnya pada tanggal 21 Juli. Pelaku bersama temannya enam orang melakukan perampasan kendaraan roda dua.

Sedangkan tiga orang tersangka lainnya sudah P21 dan sudah dilimpahkan dengan sejumlah barang bukti. Sebanyak 2 (dua) orang masih masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan satu orang kita tangkap kemarin atas nama Widiyanto. 

“Para pelaku berhasil merampas sepeda motor Supra Fit dan Beat, Widiyanto yang ditangkap kemari berperan sebagai Joki,” kata AKP Azi Pratas Guspitu, Selasa (18/6/2019) sore.

Lanjut Kasat, modus pelaku dalam melancarkan aksi kejahatannya karena melihat ada kesempatan. Sedangkan pengakuan tersangka, dirinya baru satu kali melakukan perampasan di satu titik TKP. Setelah melakukan Curas, korban sempat kabur ke Jawa Barat Daerah Bandung yaitu Cimahi selama 8 bulan. 

Setelah lama buron, anggota Reserse Mobile (Resmob) mendapatkan informasi pelaku pulang ke Jombang dari pelariannya. Setelah mendapatkan informasi, lantas petugas kepolisian melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Pelaku sempat melarikan diri ke Daerah Bandung, Jawa barat, dan kita tangkap setelah pulang ke Jombang dari pelarian. Kasus ini pun sudah satu tahun yang lalu,” terang Kasatreskrim.

Berdasarkan penjelasan LP polisi, kejadian tersebut pada hari Jumat (22/6/2018) sekitar pukul 22.00 WIB, korban Abid Ahmad (23) warga Dusun Gondoruso Rt 01/ Rw 01 Desa Japanan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto bersama temannya hendak ke Mojoagung.

Korban berangkat dari rumahnya di Mojokerto dan sesampainya di TKP Jalan persawahan Desa Kedung Lumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, korban berpapasan dengan sekitar 5 orang mengendarai 3 motor para pelaku, termasuk tersangka Widiyanto. 

Para pelaku berteriak sehingga korban berhenti kemudian tersangka Widiyanto bertanya pada korban dimana ada pertunjukan kuda lumping. Tiba-tiba saja salah satu pelaku Tobat Nasuha langsung membacok pundak korban dan membawa lari sepeda motor korban. 

Dari tangan tersangka Widiyanto, diamankan 1 (satu) unit sepeda motor Yamaha Vixion warna merah putih, tahun 2014, Nopol  S 6224 QQ, atas nama WIJIHADISISWOTO alamat Dusun Tempuran, Desas Japanan Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

“Dari tangan tersangka Widiyanto kita berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Vixon. Atas perbuatan tersangka dikenakan pasal 365 ayat (1) dan ayat (2) ke 1e junto pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 9 tahun,” pungkas AKP Azi Pratas Guspitu.

Jajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *