Maspolin.id

Persami Membentuk Generasi Muda Tangguh dan Mandiri

Kebumen, Maspolin.id – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Saka Wira Kartika menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di Lapangan Tembak Pekuncen, Secata Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2019).

Kegiatan ini dalam rangka membentuk penerus tongkat estafet kepemimpinan masa depan, khususnya generasi muda yang tangguh dan mandiri.

Hal itu dinukil dari sambutan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, saat membuka Persami terpusat tingkat daerah tersebut.

Diungkapkan Pangdam, kegiatan perkemahan yang diikuti seluruh Kwartir Cabang se-Jateng dan DIY ini, diharapkan tidak hanya menambah kemampuan dan keterampilan, namun juga membangun karakter kebangsaan para peserta Pramuka Saka Wira Kartika.

“Pembinaan karakter generasi muda merupakan tanggung jawab kita bersama, dan tentunya melibatkan dukungan segenap komponen bangsa, termasuk pejabat Pemerintah Daerah dan pejabat TNI AD,” ungkap Pangdam.

Pangdam menambahkan, mengingat sangat pentingnya generasi muda yang juga generasi penerus bangsa, pemerintah telah mengamanatkan kepada kita semua dalam Undang-Undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010.

Tema Persami yang berlangsung di satuan jajaran Rindam IV/Diponegoro ini: Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika, TNI AD Siap Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan serta Berjiwa Ksatria Guna Menumbukan Rasa Cinta Tanah Air demi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Repulik Indonesia.

Pangdam lantas menegaskan, kegiatan ini sejalan dengan apa yang telah dicanangkan Presiden RI pada 2006 silam bahwa Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pembentukan karakter bangsa Indonesia sejak dini, yang merupakan aset bangsa yang tak ternilai dalam mengawal dan mengamankan Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, Persami terpusat tingkat daerah ini juga bertujuan mengetahui sampai sejauh mana hasil pelaksanaan pembinaan kepramukaan yang telah dilaksanakan Aparat Satuan Kowil dan Satuan Non Kowil jajaran TNI AD, khususnya di Kodam IV/Diponegoro, serta memberikan wawasan dan pengetahuan tentang jenis-jenis keterampilan dalam Saka Wira Kartika.

“Tak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam kegiatan yang bersifat aktif, kreatif, inovatif, dan edukatif, dengan mengacu pada pola pembinaan gerakan Pramuka,” tuturnya.

Selaku Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Saka Wira Kartika, Pangdam mengimbau Ketua Kwarda dan Ketua Kwarcab se-Jateng dan DIY berkoordinasi dengan baik dengan kwartir-kwartir di wilayah masing-masing dalam rangka pembinaan Gerakan Pramuka, yang penjabarannya dapat melalui perkemahan-perkemahan dalam rangka melatih kemandirian para peserta didik Gerakan Pramuka.

“Ini sangat penting karena akan mendekatkan aparat teritorial dengan masyarakat yang semakin manunggal, guna membantu mewujudkan ketahanan wilayah. Berangkat dari itu semua dengan dilandasi kesamaan pandangan tersebut maka Pramuka akan solid,” pungkasnya.

Pangdam berharap, melalui Persami ini terwujud peningkatan karakter generasi muda secara signifikan, sehingga kiprah Gerakan Pramuka sesuai UU RI No 12 Tahun 2010 tercapai.

Hadir dalam kegiatan ini, Danrem jajaran Kodam IV/Diponegoro, seperti Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana bersama jajaran, termasuk Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *