Maspolin.id

Manfaatkan Hasil Pertanian Di Desa, Ini Yang Dilakukan Darul Fadillah Bersama Ir. sigit

Bojonegoro,Maspolin.id – Keberhasilan usaha peningkatan produksi pertanian memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun dari banyak faktor tersebut, ada beberapa faktor yang sangat tergantung pada upaya yang dilakukan oleh sumber daya manusia, diantaranya penyiapan lahan, penerapan tata cara budidaya yang benar, cara panen yang tepat dan pengolahan pasca panen yang bagus. Hal-hal tersebut tentu memiliki konten teknologi yang berpengaruh secara langsung dan harus mendorong peningkatan produktivitas.

Banyak pelaku pertanian di Indonesia yang mengeluhkan rendahnya hasil atau tingkat produktivitas panen. Namun jarang di antara mereka yang mau melakukan evaluasi dan introspeksi lebih jauh. Kebanyakan dari mereka melakukan aktivitas pertanian dari mulai pengolahan hingga pemanenan dengan cara-cara konvensional.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Darul Fadillah Salah satu Pemuda asal Desa Tanggir yang bekerja sama dengan Ir. Sigit Budi, I.H seorang Dosen Pertanian dari Universitas Poltena Mapena memberikan Edukasi tentang Bagaimana Melakukan Pengolahan Tanah, Pembuatan Pupuk organik serta memanfaatkan Hasil Pertanian Yang Ada Di Desanya.

Kegiatan berlangsung dirumah darul fadillah, dihadiri Ir.sigit budi,IH bersama team kuliner & Abdul Arifin (Tenaga Admin pertanian),dan masyarakat setempat. 

Ir. Sigit Budi Bersama Darul Fadillah Mengajarkan kepada masyarakat tentang pengelolaan produksi pertanian kreative serba berbahan Singkong atau Menyok atau Manihot esculenta yang diproses dgn teknologi tinggi menjadi tepung MOCAF ( Modified Cassava Flour) yang dibuat jajanan seperti : Rainbow cake, Nastas, Brouwnies dll.

“Komoditas Singkong inilah yang merupakan tanaman yang sangat tahan terhadap Kekeringan atau musim kemarau, Jadi lahan tidak di biarkan Kosong begitu saja, ujar Sigit.

Tim Dengan penuh kesabaran mengajarkan kepada kelompok tani dari desa ke desa utk meremakakan tanah & merubah struktur tanah agar kembali muda, remah & gembur sehingga tanah menjadi subur kembali, akibat penggunaan pupuk Kimia yang tidak bijaksana.

Ditambahkam oleh Sigit Dengan metode pembuatan pupuk Grand Organik inilah satu cara untuk meminimalisasi penguapan air dalam tanah pada musim kering saat ini.

Agus/Arif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *