Maspolin.id

Antisipasi Ijasah Palsu, Panitia Pilkades Sukorejo Datangi Kantor Dinas Pendidikan

Lamongan,Maspolin.id – Mengantisipasi ijazah palsu yang dipakai persyaratan administrasi bakal calon kepala desa, sejumlah panitia Pilkades Desa Sukorejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan mendatangi Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) setempat , Senin (24/06).

Kedatangan panitia Pilkades tersebut untuk menanyakan verifikasi faktual terkait ijazah yang dipakai persyaratan administrasi bakal calon kepala desa. “Kita mendatangi Diknas untuk cross cek, apakah ijazah bakal calon Kades itu asli atau palsu Mengingat lembaga atau sekolah yang menggeluarkan ijazah telah tutup beberapa tahun lalu,” kata Ketua Panitia Pilkades Sukorejo, Yusuf, Senin (24/06) siang kepada .awak Media.

Diungkapkannya, di Desa Sukorejo yang mendatar sebagai bakal calon Kades hanya dua orang, yaitu Suminto dan Marli’ah. Saat mendaftar kedua bakal calon tersebut diantaranya menyerahkan foto kopi ijazah SMP yang dilegalisir.

“Namun kedua sekolah yang mengeluarkan ijazah SMP tersebut saat sudah tutup atau tidak beroperasi, makanya kami mendatangi Dinas Pendidikan untuk memastikan, melakukan cross-cek keaslian ijazah tersebut, mengingat saat ini pada tahapan verifikasi administrasi,” ungkap Yusuf.

Pihaknya juga mendatangi UPT Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur di Lamongan karena sekolah yang mengeluarkan ijazah SMA kedua bakal calon tersebut juga sudah tutup.

“Kita tahu saat ini SMA dan SMK dibawah kewenangan UPT Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur di Lamongan, sehingga kita ke sini, juga untuk keaslian ijazah tersebut karena saat mendaftar sebagai bakal calon Kades, keduanya melampirkan fotokopi yang dilegalisir,” jelas Yusuf.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Lamongan, Drs H Shodikin MPd., menjelaskan, legalisir pada fotokopi ijazah merupakan bentuk keabsahan keaslian ijazah mengingat saat mengajukan legalisir, ijazah asli harus dibawa atau disertakan.

“Minta legalisir itu harus membawa ijazah asli. Pihaknya akan melakukan pengecekan lagi untuk kebenarannya,
Tukasnya.

Yyk/Hawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *