Maspolin.id

Polres Gelar Donor Darah, Kodim Turunkan Prajuritnya Ikut Ambil Bagian

Cilacap, Maspolin.id – Dalam memperingati HUT ke-73 Bhayangkara tahun 2019, Polres Cilacap menggelar bakti sosial kesehatan berupa donor darah di Aula Patriatama, Mapolres Cilacap, Selasa (25/6/2019).

“Setetes darah yang didonorkan mudah-mudahan bermanfaat bagi nyawa manusia yang membutuhkan,” kata Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengawali kegiatan bakti sosial donor darah ini, dimana sudah rutin dilakukan dalam setiap peringatan HUT Bhayangkara tiap tahun.

Dalam hal ini Polres Cilacap menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Cilacap Unit Transfusi Darah untuk melaksanakan kegiatan ini. Donor darah ini diikuti Wakapolres Cilacap Kompol Hari Sutanto, pejabat utama Polres Cilacap, anggota Polres Cilacap, serta masyarakat sekitar 100 orang.

Yang menarik, pihak Kodim 0703/Cilacap menerjunkan personelnya mengikuti donor darah yang digelar Polres Cilacap.

Hal itu dibenarkan Kasdim Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian. Dia telah memerintahkan anggota Kodim dan jajaran untuk terlibat langsung dalam kegiatan donor darah di Mapolres Cilacap.

“Memang benar beberapa personel Kodim kita rapatkan ke sana. Selain bentuk sinergitas Kodim dengan Polres Cilacap, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan sosial. Untuk itu, personel Kodim dan jajaran juga harus terlibat langsung sebagai wujud nyata kepeduliannya kepada masyarakat di bidang kemanusiaan,” ungkapnya.

Menurut Kasdim, setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat membantu meringankan penderitaan masyarakat yang membutuhkan.

Dia juga berharap, kesadaran masyarakat lainnya terketuk hatinya untuk mau mendonorkan darahnya kepada sesama. Karena, bagaimanapun, setetes darah yang diberikan tentu akan sangat menolong sesama manusia yang membutuhkan.

“Kita mengapresiasi kepada Polres Cilacap yang telah menggelar kegiatan ini, kiranya dengan kegiatan tersebut bisa menggugah masyarakat untuk peduli dengan kegiatan kemanusiaan dan melalui kegiatan donor darah ini semoga memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Rofik Alfian.

Sementara itu, tujuan kegiatan ini selain untuk membantu sesama yang membutuhkan, donor darah juga menyehatkan, karena berfungsi untuk peremajaan sel-sel darah dalam tubuh.

Donor darah diawali dengan pemeriksaan Hemoglobin (Hb) dan golongan darah, kemudian dilakukan pemeriksaan tekanan darah. Jika dinyatakan baik, pendonor bisa diambil darahnya.

Seluruh anggota Polres Cilacap dan Polsek jajaran yang memenuhi syarat diambil darahnya, disamping anggota TNI dari Kodim dan Lanal, serta Dinkes Kabupaten Cilacap ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan donor darah kemanusiaan seperti ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Polres Cilacap, dengan harapan bisa membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah,” Kapolres memungkasi. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *