Maspolin.id

Jelang Pelaksanaan TMMD, Kodim dan Pemkab Gelar Rakor

Cilacap, Maspolin.id – Menjelang pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2019, Kodim 0703/Cilacap dan Pemkab Cilacap menggelar rakor, Selasa (2/7/2019).

Rakor digelar di Aula Satya Kartika, Makodim Cilacap, dan pelaksanaan TMMD kali ini berlokasi di Desa Cimrutu, Kecamatan Patimuan, Cilacap, Jateng.

Rakor dipimpin Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap, Arifin Santosa Raden, dan Pasiter Kodim Cilacap Kapten Inf Marjono, Pjs Danramil 12/Kedungreja, Kapten Inf Saidin, para OPD, BUMN/BUMD, Forkopimcam Patimuan, serta Kepala Desa Cimrutu.

Rakor bertujuan untuk menginformasikan secara umum kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II sekaligus persiapan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung II Tahun 2019 di Desa Cimrutu, yang direncanakan dibuka pada 10 Juli 2019 mendatang.

Dalam rakor juga diinformasikan program/kegiatan OPD, BUMN/BUMD, dan swasta, yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD serta menginformasikan rencana kegiatan, baik fisik maupun non fisik.

Dalam sambutannya, Dandim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian mengungkapkan, kegiatan TMMD ini merupakan program kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Desa Cimrutu dipilih dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti keterbatasan infrastruktur dan sarpras,” kata Kasdim.

Menurutnya, kegiatan TMMD dinilai sebagai sarana mendukung pelaksanaan pembangunan nasional melalui percepatan pembangunan daerah yang berbasis pembangunan penduduk kewilayahan.

Selain itu, kegiatan TMMD ini juga sebagai sarana untuk mendorong peningkatan kehidupan bermasyarakat, melalui upaya peningkatan sarana umum yang bisa mendukung kelancaran aktivitas perekonomian serta mendorong akses masyarakat dalam hal pendidikan, kesehatan, dan pembangunan, serta meningkatkan kualitas hidup dan daya saing pendapatan melalui pemberian penyuluhan, keterampilan, dan bintek.

”Kita membuka masukan ataupun program, juga bantuan-bantuan dari seluruh instansi maupun stakeholder yang ada di Kabupaten Cilacap, untuk nantinya bisa disinergiskan dengan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Cimrutu yang akan dibuka tanggal 10 Juli 2019 mendatang,” tandas Kasdim.

Adapun sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan TMMD di Desa Cimrutu meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi pembangunan talud volume 1.531 m, pembangunan MCK 2 unit, dan rehab RTLH 20 unit.

Sedangkan sasaran non fisik meliputi pelayanan pengobatan gratis, pelayanan KB, pelatihan pengolahan pangan lokal, pembuatan akta kelahiran gratis di bawah 1 tahun, penyuluhan penanganan hama, kebencanaan, bela negara, narkoba, dan penyuluhan PBB.

Selain itu, juga dilaksanakan pelatihan servis elektronik, pembuatan pupuk, pengolahan industri kecil dan pengemasan produk, serta sosialisasi OPD baru dan trantibbummas dan bantuan alat pertanian, alat pengemasan produk, benih ikan, dan lain-lain. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *