Maspolin.id

Babinsa dan P3A Desa Sarwadadi Perbaiki Jaringan Irigasi Tersier

Cilacap, Maspolin.id – Guna wujudkan swasembada pangan, Babinsa Sarwadadi Koramil 09/Kawunganten, Serka Sodirin dan Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Serba Guna, Desa Sarwadadi, Kecamatan Kawunganten, Cilacap, Jateng, melakukan perbaikan jaringan irigasi tersier di Dusun Sarwatulus, Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten, Sabtu (6/7/2019).

Menurut Sodirin, kegiatan tersebut dilaksanakan setelah P3A Desa Sarwadadi mendapat bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementerian PUPR melalui Satker Operasional dan pemeliharaan SDA 2 BBWS Citanduy.

Program tersebut bertujuan menumbuhkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi, sesuai dengan kebutuhan serta berdasarkan prinsip kemandirian. “Sehingga pelaksanaannya dilakukan secara swakelola oleh P3A,” jelasnya.

Sementara menurut Ketua P3A Serba Guna Desa Sarwadadi, Achmad Ngatozairi mengatakan, dengan diperbaikinya saluran irigasi tersier ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan irigasi dalam mencukupi kebutuhan air kepada petani, karena apabila saluran irigasi baik, maka air akan lebih lancar dan lebih cepat sampai ke sawah.

“Untuk program ini, kami mendapatkan bantuan perbaikan saluran irigasi dengan panjang 480 meter, waktu kerja selama 60 hari kalender dengan sumber dana APBN 2019,” jelas dia, sembari mengharapkan pelaksanaan berjalan lancar, aman, dan sesuai target yang sudah ditentukan,” tegas Achmad Ngatozairin. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *