Maspolin.id

7.041 Personil Gabungan siap Amankan Pilkades Serentak di Tulungagung

Tulungagung,Maspolin.id – Guna mengantisipasi jalannya Pilkades serentak di Tulungagung agar berjalan aman dan kondusif , sebanyak 23 Polres di Jawa Timur ikut diperbantukan dalam pengamanan Pilkades serentak di 239 desa yang ada di Tulungagung. Setelah digelar apel pasukan di lapangan GOR Lembupeteng hari ini 08/07 , seluruh petugas keamanan mulai digeser ke masing-masing TPS.

Pilkades serentak di Tulungagung akan dijadwalkan pada besuk Selasa (9/7).Menurut Kepala Bagian Operasi Polres Tulungagung Kompol Mohammad Khoiril menerangkan , puluhan polres tersebut mengirimkan personel mulai dari belasan hingga puluhan petugas sesuai dengan kekuatan masing-masing. 

“Jumlah personel yang diperbantukan dari tiap polres bervariasi, paling sedikit kirim 15 personel dan paling banyak 75 personel” terang Khoiril .

Selain itu pengamanan Pilkades serentak juga dibantu oleh Satuan Brimob Polda Jatim, Yonif 511 Blitar, Kodim 0807 serta Linmas.

Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar seusai gelar apel pasukan juga mengatakan, total petugas keamanan gabungan yang diturunkan ke 239 desa tersebut mencapai 7.041 personel dan mulai hari ini juga dilakukan penggeseran ke masing-masing TPS atau desa. 

“Untuk pelaksanaan tugas Pengamanan Pilkades serentak ini akam kami lakukan hingga 10 Juli mendatang, mulai hari ini seluruhnya sudah kami geser ke tingkat desa,” terang Tofik. 

“Jumlah personel di tiap desa yang menyelenggarakan Pilkades akan dijaga 10 hingga 15 personil disesuaikan dengan jumlah penduduk dan tingkat kerawanan.Namun khusus untuk daerah yang rawan kerusuhan atau konflik, pihaknya juga menyiagakan personel tambahan dari Brimob.

Salah satunya desa-desa yang jumlah calon kepala desanya banyak atau lebih dari dua,” tambahnya.

Dari hasil pemetaan yang dilakukan Polres Tulungagung, terdapat delapan kecamatan yang diprediksi memiliki tingkat kerawanan tinggi antara lain Kecamatan Ngunut, Besuki, Bandung, Pakel, Campurdarat, Kauman, Ngantru dan Kecamatan Sumbergempol.

“Selain itu kami juga mewaspadai adanya peran serta para botoh yang menjadikan Pilkades ini sebagai ajang perjudian. Kami sudah ada tim khusus yang memantau itu agar nantinya masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani,” pungkas Tofik.

Diharapkan pula perbedaan pilihan tidak menjadikan masyarakat Tulungagung terpecah-belah.Hal ini tentunya mengacu dari pengalaman sebelumnya yakni Pilbup maupun Pilgub ,Pilpres dan Pileg beberapa waktu lalu, semuanya juga berjalan kondusif dan lancar.

Pilkades serentak Tulungagung akan diikuti sebanyak 239 desa yang tersebar di 19 kecamatan. Total calon kepala desa yang mencalonkan diri mencapai 653 kandidat calon kades .

Seusai gelar pasukan Kapolres Tulungagung Akbp Tofik Sukendar bersama Dandim 0807 dan PLT bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo melakukan pengecekan kesiapan TPS Pilkades dibeberapa wilayah di Tulungagung.

Soim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *