Maspolin.id

Bupati Cilacap Buka TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Cimrutu

Cilacap, Maspolin.id – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2019 yang diselenggarakan Kodim 0703/Cilacap di Desa Cimrutu, Kecamatan Patimuan, Cilacap, Jateng, Selasa (10/7/2018).

Kegiatan TMMD tahun 2019 ini mestinya dilaksanakan secara serentak pada 11 Juli 2019 mendatang. Namun, karena ada kegiatan penting lain yang dilaksanakan pada hari yang sama, pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0703/Cilacap dimajukan, yakni pada Selasa ini.

Dandim 0703/Cilacap melalui Pasiter Kapten Inf Marjono membacakan laporan kesiapan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2019 serta sasaran yang harus dicapai pada kegiatan TMMD, yakni meliputi sasaran fisik maupun non fisik.

Untuk sasaran fisik meliputi pembangunan talud volume 1.531 m, pembangunan MCK 2 unit, dan rehab RTLH sebanyak 20 unit.

Sedangkan sasaran non fisik meliputi pelayanan pengobatan gratis, pelayanan KB, pelatihan pengolahan pangan lokal, pembuatan akta kelahiran gratis di bawah 1 tahun, penyuluhan penanganan hama, kebencanaan, bela negara, narkoba, dan penyuluhan PBB, termasuk bantuan dari OPD, BUMN, dan BUMD.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menandatangani surat penyerahan proyek TMMD kepada TNI, dalam hal ini Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian yang sekaligus memberikan alat pekerjaan secara simbolis kepada perwakilan Satgas TMMD dan masyarakat.

Bupati mengatakan, melalui TMMD kita bisa bersinergi, bahu membahu dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan kedaulatan pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara baik, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme, dan patriotisme.

“TMMD juga mampu meneguhkan semangat kebersamaan dan menyajikan karya nyata bagi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. “Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui TMMD seperti ini dapat menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi, serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi,” kata Tatto.

Disebutkan Bupati, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong dalam pembangunan. “Semua bahu membahu memberikan sumbangan pikiran, ide, dan gagasan, juga sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan material dan kebendaan,” beber dia.

Menurut Tatto, TMMD Sengkuyung ini memiliki tujuan membangun tanpa mengurangi kearifan lokal dan mengurangi angka kemiskinan. Dia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang ikut menyengkuyung program ini.

“Mari kira sukseskan program pembangunan yang menyejahterakan masyarakat desa. Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimiliki. Hal ini tentunya sejalan dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa,” ucapnya.

Upacara diakhiri dengan doa dan penyerahan secara simbolis bantuan kepada perwakilan warga, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa stand produk unggulan Desa Cimrutu oleh Bupati yang didampingi Kasdim, Camat Patimuan, Kapolsek Patimuan, dan kepala dinas instansi lainnya. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *