Maspolin.id

Khawatir Salah Sasaran, Satgas TMMD dan Kades Cimrutu Cek  Rumah Penerima Rehab RTLH

Cilacap, Maspolin.id – Setidaknya ada 20 unit rumah yang menjadi sasaran fisik program TMMD, yakni rehab RTLH.

Teknisi yang juga anggota Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2019, Sertu Basuki bersama Kades Cimrutu Surip Riadi, mendatangi salah satu pemilik rumah yang akan direhab, yakni Sukanda, warga RT 02 RW 03 Dusun Cimrutu, Desa Cimrutu, Minggu (14/7/2019).

Ini dilakukan guna memastikan bahwa program rehab tersebut tepat sasaran dan sesuai data yang didapat Satgas TMMD Kodim 0703/Cilacap, karena telah menargetkan 20 unit rumah yang masuk daftar bedah rumah tak layak huni (RTLH).

Angka itu juga diperoleh dari hasil survei langsung di lapangan, serta data dari pemerintah desa setempat agar program RTLH tidak salah sasaran.

Anggota Satgas TMMD sekaligus teknisi di lapangan tersebut mengatakan, penyelesaian bedah rumah ditargetkan akan segera rampung sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

“Sekarang sudah sebagian jumlah sasaran rehab rumah sudah kita bedah dan kita bangun, sejumlah material juga sudah kita distribusikan ke semua sasaran. Kendati demikian, saya optimis semua sasaran rehab rumah ini akan rampung sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” ungkap Sertu Basuki.

Sementara, Kepala Desa Cimrutu Surip Riadi mengungkapkan dia merasa bahagia karena desanya menjadi sasaran pembangunan melalui program TMMD.

Terkait beberapa rumah warga yang tidak layak huni, Surip Riadi mengaku masih ada puluhan warga lain yang memerlukan bantuan rehab rumah. Selain program TMMD, dia berhadap ada bantuan dari pihak lain agar beberapa warga yang rumahnya tidak layak huni, bisa memiliki rumah yang layak.

Senada dengan Sukanda, rumah yang dihuninya sangat tidak layak huni. Dia tinggal sendirian ketika kedua orang tuanya telah tiada. Juga kondisi fisiknya yang cacat dan tidak bisa bicara, selalu bergantung pada adiknya yang selalu mengirimkan makanan untuknya.

“Selaku kepala desa, tentu saya ingin membantu warga saya untuk bisa hidup layak. Dan melalui program TMMD ini, alhamdulillah rumah Sukanda akhirnya bisa diperbaiki agar lebih layak,” ucap Surip Riadi. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *