Maspolin.id

Rumah Mbah Plinti, Seorang Tuna Netra, Kena Rehab Satgas TMMD

Cilacap, Maspolin.id – Rumah Mbah Plinti (69), seorang perempuan tuna netra warga RT 02 RW 02 Dusun Kalenwedi, Desa Cimrutu, Kecamatan Patimuan, dibongkar Satgas TMMD Sengkuyung II dan warga masyarakat setempat, Senin (15/7/2019).

Pembongkaran dilakukan karena rumah tersebut sudah tak layak huni. Selain bangunannya telah rapuh, dinding bagian dapur juga bolong-bolong disebabkan anyaman bambu sebagai penutupnya sudah pula rusak.

Rumah Mbah Plinti ini menjadi salah satu sasaran rehab RTLH dalam program TMMD.

“Ini yang menjadi penilaian Satgas TMMD, sehingga rumah Mbah Plinti menjadi salah satu sasaran rehab bersama warga lain yang kondisi rumahnya serupa,” tutur anggota Satgas TMMD, Serka Untung Turijo.

Mbah Plinti tinggal sendiri dan matanya mengalami kebutaan, hingga hidupnya bergantung pada orang lain.

Beruntung dia mempunyai anak perempuan satu-satunya, Semi yang bekerja di Jakarta. Semi inilah yang selama ini mencukupi kebutuhannya. Dia kembali ke kampung halamannya setelah mendengar rumah orang tuanya akan direhab TNI.

“Saya sebenarnya kasihan sama Ibu, tapi saya harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga, dan alhamdulillah saya bisa menabung sedikit demi sedikit dari hasil saya bekerja,” kata Semi, sembari menegaskan bahwa setelah ini dia akan membuka usaha dan menetap di desa untuk merawat ibundanya.

Terkait direhabnya rumah orang tuanya, Semi mengucapkan terimakasih kepada TNI. Keinginan untuk bisa membangunkan rumah orang tuanya, kini terbantu dengan adanya TMMD di desanya.

“Terimakasih, Bapak TNI. Semoga Tuhan Yang Maha Esa yang akan membalasnya,” ucapnya penuh haru di samping ibundanya. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *