Maspolin.id

17 Purnawira dan Wredatama Polri Diwisuda

Cilacap, Maspolin.id – Wisuda terhadap purnawira Polri dan wredatama ASN Polri berlangsung sederhana dan khidmat, dalam suatu upacara yang dipimpin langsung Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto di halaman Mapolres Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (17/7/2019).

Upacara dihadiri para pejabat utama, para purnawira dan wredatama Polres Cilacap, para Kapolsek jajaran, para perwira, brigadir, dan ASN Polri Polres Cilacap, serta Bhayangkari Cabang Cilacap dan ranting jajaran beserta pengurus.

Kapolres mengatakan, upacara Wisuda Purnawira dan Wisuda Wredatama ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada anggota Polri dan ASN Polri yang telah memasuki masa purna tugas dalam mengabdikan diri kepada bangsa, negara, dan masyarakat melalui institusi Polri.

“Beliau adalah senior, rekan, dan saudara kita. Setelah sekian tahun bersama-sama kita, baik suka maupun duka dalam menjalankan tugas sebagai anggota Polri dan ASN Polri di Polres Cilacap,” ungkap Djoko.

Pada wisuda kali ini, ada 17 personel wisudawan, terdiri dari 16 purnawira anggota Polri dan 1 wisudawan wredatama ASN Polri.

Kapolres Cilacap juga mengucapkan banyak terimakasih, penghargaan, dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada para purnawira dan wredatama atas kinerja, loyalitas, dan dedikasi yang telah diberikan untuk kemajuan Polri pada umumnya, khususnya Polres Cilacap.

“Semoga jasa dan pengabdian yang telah diberikan kepada institusi Polri ini, dicatat sebagai amal ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta semoga selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam melanjutkan dharma baktinya di tengah-tengah masyarakat,” kata Kapolres.

Pihaknya berharap kepada segenap rekan yang telah purna tugas, meski sudah tidak aktif berdinas di Kepolisian, agar tetap menjalin silaturahmi.

“Berikan masukan atau saran demi kemajuan Polri di masa yang akan datang, serta kiranya dapat membantu kami dalam menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing dengan menjadi contoh suri tauladan yang baik bagi warga masyarakat sekitar,” tutup Djoko Julianto.

Usai pelaksanaan upacara, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengantar 17 wisudawan purnawira dan wredatama ASN Polres Cilacap guna mengikuti tradisi Pedang Pora.

Tradisi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan istimewa setelah para purnawira maupun wredatama mengabdi selama puluhan tahun.

Mereka dilepas dengan prosesi Pedang Pora dari halaman Mapolres Cilacap dan diarak keliling kota Cilacap menggunakan becak hias yang sudah disediakan.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengatakan, tradisi Pedang Pora wisuda purnawira dan wredatama ASN Polri tahun 2019 merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan Polres Cilacap sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi para wisuda purnawira dan wisuda wredatama ASN Polri yang telah mengabdikan diri di institusi Kepolisian.

“Tradisi Pedang Pora dan arakan becak ini sebagai salah satu bentuk kenangan indah dan penghargaan tertinggi pada purnawira, karena meski sudah purna tugas, namun tetap bisa membantu tugas-tugas kepolisian,” kata Kapolres.

Dia menambahkan, meski sudah tidak aktif dinas di Kepolisian dan sekarang berkumpul dengan keluarga dan kembali ke lingkungan masyarakat, namun bukan berarti selesai tugas, tetapi harus tetap mengabdi kepada masyarakat sesuai dengan keahlian masing-masing.

Kompol (Purn) Kiswoyo yang dulu pernah dinas di Dokkes Polres Cilacap dan terakhir sebagai Kapolsek Maos, mengaku bangga dan senang dengan acara pelepasan ini.

Menurutnya, ini suatu penghormatan yang sangat luar biasa dan dirinya akan selalu siap untuk mengabdikan diri pada masyarakat dengan keahliannya di bidang kesehatan dan akan membantu masyarakat di lingkungan tempat tinggal. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *