Maspolin.id

Dibentuk, Kampung Siaga Bencana di Banjarnegara

Banjarnegara, Maspolin.id – Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PP PA) Kabupaten Banjarnegara menggelar pembentukan Kampung Siaga Bencana di Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, mulai Jumat hingga Minggu (19-21/7/2019).

Kecamatan Pandanarum terdiri dari 8 desa, yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Kalibening.

Proses pembetukan Kampung Siaga Bencana (KSB) ini melalui 3 tahapan, yakni penyuluhan, pelatihan, dan simulasi.

Para peserta berasal dari unsur Forkopimcam Pandanarum, kepala desa se-Kecamatan Pandanarum, karang taruna desa se-Kecamatan Pandanarum, Tagana, dan relawan lain di Kecamatan Pandanarum.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinsos PP PA Kabupaten Banjarnegara, Aziz Ahmad mewakili Kementerian Sosial RI.

Hadir pada upacara pembukaan, BPBD Kabupaten Banjarnegara, Forum Komunikasi (FK) Tagana Jateng, Camat Pandanarum, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Pandanarum.

Menurut Wakil Ketua FK Tagana Jateng yang juga Koordinator Tagana Banyumas, Ady Candra, kegiatan hari pertama penyuluhan dari Dinsos Provinsi Jateng, BPBD Kabupaten Banjarnegara, dan PMI Kabupaten Banjarnegara.

“Kegiatan dijadwalkan rampung pukul 16.00 WIB, dilanjutkan besok pagi berupa pelatihan dan penguatan, serta gladi simulasi penanggulangan bencana untuk pengurus KSB yang akan diampu oleh Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi Jateng, FK Tagana Jateng, dan FK Tagana Banjarnegara,” terang Ady. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *