Maspolin.id

Danposal Serangan Bersama Kantor Bkipm Kelas I Denpasar Melaksanakan Pelepasliaran Bibit Lobster

Lantamal V,Maspolin.id – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, Lantamal V, Koarmada II, Kantor BKIPM Kelas I Denpasar didampingi Personel Pos TNI AL Serangan Lanal Denpasar Bali, Manager Security Bandara I Gusti Ngurah Rai dan BPSPL Provinsi Bali melaksanakan pelepasliaran bibit lobster di Perairan Pulau Serangan, Selasa (23/7).

Bibit Lobster tersebut merupakan hasil operasi tangkap tangan petugas Security Aero Centring Servis (ACS) Bandara I Gusti Ngurah Rai yang akan diselundupkan ke Singapura oleh dua orang karyawan PT. ACS pada hari Senin, 22 Juli 2019, pukul 04.45 Wita. Jumlah Bibit Lobster yang dilepasliarkan sebanyak 17.000 ekor terdiri dari jenis mutiara dan pasir.

Menurut penjelasan Kepala BKIPM Kelas I Denpasar, Bpk. Anwar, M.Si maksud dan tujuan pelepasliaran ini adalah untuk mengembalikan bibit lobster ke habitatnya semula sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No. 56 tahun 2016 tentang larangan penangkapan lobster, kepiting dan rajungan.

Seperti telah kita diketahui bersama bahwa Negara Indonesia merupakan salah satu penghasil lobster terbesar di dunia. Hewan ini sangat digemari di pasaran Internasional sebagai makanan laut yang memiliki nilai gizi tinggi dan mahal harganya. Banyak negara lain seperti Singapura dan Vietnam menginginkan Lobster bisa menghasilkan devisa untuk negaranya. Oleh sebab itu Lobster yang masuk ke negaranya dihargai sangat tinggi termasuk bibit Lobster yang masih kecil. Tingginya nilai jual bibit Lobster di luar negeri menyebabkan banyak masyarakat Indonesia berupaya untuk menangkap dan menyelundupkannya ke luar negeri.

Dalam kegiatan pelepasliaran bibit Lobster tersebut BKIPM Kelas I Denpasar sangat berharap agar TNI AL bisa ikut membantu secara bersama-sama mencegah upaya penyelundupan bibit Lobster ke Luar Negeri oleh para pelaku yang telah menyalahi ketentuan peraturan Undang-Undang.

Dalam acara pelepasliaran binit Lobster, bentuk kerjasama yang diberikan oleh Pos TNI AL Serangan Lanal Denpasar adalah menyiapkan sarana kapal patroli untuk membawa bibit Lobster dan para petugas yang dilibatkan dalam acara pelepasliaran menuju daerah sasaran di Perairan Serangan Denpasar.

PgsĀ KadispenĀ Kapten Laut (E) Kusnan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *