Maspolin.id

Ungkap Penjualan Pupuk Ilegal di Sragen, Pedagang Asal Grobogan Dibekuk Polisi

Sragen,Maspolin.id – Ratusan sak pupuk bersubsidi disita jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Sragen Polda Jawa Tengah dari tangan pedagang nakal. Ratusan sak pupuk beragam jenis dari kabupaten Grobogan itu, rencana akan di jual oleh tersangka ke kabupaten Sragen, tanpa hak dan ijin yang sah dari petugas yang berwenang, Rabu (24/07/2019).

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan dalam keterangannya melalui Kasat Reskrim AKP Harno mengatakan, “penangkapan tersangka berikut barangbukti ratusan sak pupuk bersubsidi itu terjadi Senin 22 Juli 2019 pukul 18.00 Wib, di jalur jalan Sragen kota, tepatnya di kampung Blimbingrejo Rt.26 Kelurahan Kedungpit Kecamatan Sragen kota. Petugas awalnya curiga, dengan truk Mitsubishi Colt Diesel bernomor polisi K-1552-MP, bermuatan penuh di jalur tersebut.

Setelah dicek, ternyata berisi penuh, pupuk jenis urea dan ZA. Saat di klarifikasi, sopir mengatakan, bila pupuk tersebut, rencana akan di jual oleh pedagang dari grobogan ke Sragen. Sayangnya, penjualan itu tak di sertai ijin yang sah dari yang berwenang.

“Muatan truk itu setelah dicek ternyata bermuatan pupuk bersubsidi jenis urea sebanyak 60 sak, dan pupuk bersubsidi jenis ZA sebanyak 100 sak, tanpa disertai surat keterangan penjualan sesuai hak dan ijin dari petugas yang berwenang di grobogan, “ jelas AKP Harno.

Dari pengecekan itu, kemudian di lakukan penyitaan terhadap barangbukti dan di bawa ke Mapolres Sragen.

Selain itu, petugas juga menyatakan pedagang bernama Paing Nurwakhid alias Nur (45) warga dukuh Perakitan Grobogan sebagai tersangka, dalam perkara tanpa hak memperjualbelikan pupuk bersubsidi, sebagaimana melanggar pasal 30 Ayat (3) Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : 15/M.DAG/PER/4/2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran pupuk bersubsidi untuk Sektor Pertanian Jo Pasal 6 Ayat (1) huruf b UU Nomor 7 Tahun 1955 tentang Pengusutan, Penuntutan dan Peradilan Tindak Pidana Ekonomi.

Admin/Hum


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *