Maspolin.id

Jual Hasil Curian Lewat Facebook, Penadah Dijebak dan Ditangkap Polisi yang Menyamar

Cilacap, Maspolin.id – Media sosial (medsos) seperti Facebook sering menjadi alat atau modus operandi pelaku kejahatan. Salah satunya adalah penadah sepeda motor curian di Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah.

Pelaku ini kemudian menjual hasil tadahannya melalui Facebook.

Aksi pelaku, YD (34), warga Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ini bocor dan terungkap setelah polisi menyelidiki dengan menyamar sebagai pembeli.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kapolsek Dayeuhluhur Iptu Ismiyadi menjelaskan, Sabtu (27/7/2019), kasus ini terungkap saat anggota Reskrim Polsek Dayeuhluhur mendapat informasi adanya sepeda motor milik Rusnanto yang pada Jumat (12/7/2019) sekitar pukul 04.30 WIB dilaporkan hilang di dalam rumahnya di Dusun Ciawitali, Desa Panulisan Timur, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jateng, ditawarkan di Facebook via sebuah posting jual beli dengan harga Rp 6 juta.

“Petugas menyamar sebagai pembeli dan melakukan transaksi, sehingga pelaku akhirnya ditangkap di wilayah Jawa Barat, Senin (15/7/2019), serta sepeda motor matic merek Honda jenis Scoopy dengan nomor rangka F1C02N28LO A/T produksi tahun 2017 warna hijau putih. Sepeda motor tersebut disita sebagai barang bukti,” ungkap Kapolsek.

Menurut Ismiyadi, saat ini petugas masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang sudah diketahui identitasnya. Dia diduga sebagai pelaku pencurian sepeda motor tersebut.

Untuk itu, YD bakal dijerat dengan Pasal 363 jo Pasal 480 KUHP tentang Penadah Barang Hasil Pencurian dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun.

Kapolsek juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur untuk membeli sepeda motor dengan harga murah atau di luar kewajaran, karena bisa diduga barang tersebut hasil kejahatan. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *