Maspolin.id

Polres Jakarta Barat Ungkap Kasus Narkotika Jaringan Kampus

Jakarta,Maspolin.id — Press Conference Pengungkapan Kasus Narkotika Jaringan Kampus, bertempat di Sat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, Jalan S. Parman No.31, Jakarta Barat. Senin (29/7/2019).

Dalam paparannya Kasat Reserse Narkoba Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendrizz mengatakan, Berawal dari masyarakat yang tidak ingin di sebutkan identitasnya, bahwa adanya peredaran gelap narkotika jenis Ganja di kalangan mahasiswa Universitas Swasta di Jakarta Barat. Lalu petugas melakukan penyelidikan, saat di dapat kebenarannya, kemudian petugas kepolisian melakukan Under Cover/penyamaran sebagai pembelinya.

Selanjutnya petugas yang menyamar dari Jakarta Barat di arahkan untuk transaksi oleh tersangka TW ke wilayah Jakarta Timur, sesampai di Jalan Taman Malaka Selatan Rt 008/06 Kel. Pondok Kelapa Kec. Duren Sawit Jakarta Timur.

Petugas bertemu dengan sdr. TW, kemudian petugas yang melakukan Under Cover/Penyamaran melakukan transaksi langsung dengan tersangka TW, saat tersangka TW akan transaksi, Petugas langsung mengamankan tersangka dari penggeledahan badan tersangka disita 1 (satu) kilo gram Ganja kering.

Setelah di interogasi tersangka TW, akui Ganja tersebut didapat dari tersangka PHS, kemudian Petugas Kepolisian memancing tersangka PHS, dengan menggunakan HP tersangka TW, saat tersangka PHS, datang kemudian Petugas mengamankan tersangka PHS, setelah di interogasi tersangka PHS akui 1 (satu) kilo gram ganja kering yang disita dari tersangka TW, berasal dari dirinya, dan dari tersangka PHS disita 10 kilo gram Ganja kering.

Tersangka PHS akui ganja tersebut didapat dari tersangka HK, tersangka akui menjadi perantara jual beli Narkotika jenis Ganja sejak 10 tahun.

Tersangka menjual ganja tersebut ke berbagai Universitas Swasta di Jakarta, kemudian Petugas melakukan pengembangan, hasil dari pengembangan ditangkap tersangka HK, AT, FF, Pada hari Senin tanggal 29 Juli 2019 sekitar jam 02.00 wib, di Jalan Pondok Cipta Utara Blok G No.58 Rt 007/011 Kel. Bintara Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi barang bukti yang disita Narkotika jenis ganja sebanyak 1 Kilo gram.

Sementara, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Jakarta Raya Imam Yuwono mengatakan, “Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polri khususnya Polres Metro Jakarta Barat yang telah mengungkap adanya peredaran narkoba di kalangan kampus”.

Adapun motif tersangka ini, mereka menganggap kampus tempat yang aman untuk mengedarkan barang haram tersebut, “ujar Imam.

Tersangka yang berhasil ditangkap 2 orang dengan inisial.

1. TW, laki-laki (23).
2. PHS, laki-laki (21).
3. HK, laki-laki (27).
4. AT, laki-laki (27).
5. FF, laki-laki (31).

Barang bukti : Narkotika jenis Ganja dengan berat 12 (dua belas) Kilo Gram.

Untuk tersangka awal yaitu tersangka TW dan FF dikenakan Pasal 114 Ayat (1) Subsider Pasal 111 ayat (1) Subsider Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Untuk tersangka PHS dan HK, AT dikenakan Pasal 114 ayat (2) “Subsider” Pasal 111 ayat (2) “Juncto” Pasal 132 ayat (1).

Ancaman hukuman pidana penjara 20 tahun sampai seumur hidup.

(Akbar/Kongkrit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *