Maspolin.id

Tinggal Tunggu Perintah, Satpol PP Akan Tutup Pabrik Gilingan Batu di Damarwulan Kediri

KEDIRI,Maspolin.id – Perihal adanya pengaduan masyarakat dengan suara bising mesin pemecah batu. Satpol PP Kediri mendatangi lahan ayng digunakan untuk kegiatan pemecah batu yang berada di Dusun Suwaru, Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Jawa Timur.

Ternyata Satpol PP sudah mendatangi lokasi pemecah batu sudah dua kali. Namun pemilik pemecah batu seakan cuek, walau ada teguran dari Satpol PP juga dinas terkait.

Dari penuturan Kabid Tantrib Satpol PP, G. Suyanto mengatakan bahwa lokasi penggiligan batu memang dinilai melanggar aturan karena berada dekat pemukiman warga serta wilayah lahan hijau (pertanian abadi).

“Kita datang sebelumnya sama Dinas Perizinan, PUPR dan Pertanian,” tuturnya. Senin (29/7).

Selain itu Suyanto juga menjelaskan bahwa perihal perizinan sudah diajukan, tapi ditolak oleh Pemkab karena lahan yang ditemoatiblahan pertanian abadi.

“Pernah pemilik (MK) mengajukan ijin terkait penggilingan batu tersebut, tapi ditolak dengan alasan lahan tersebut berada pada lahan hijau(lahan produktif),” ucapnya.

Namun dikatakan oleh Suyanto bawah pemilik penggiligan batu mengajukan perizinan lagi tetapi menggunakan nama orang lain.

“Keduanya pemilik gilingan mengajukan ijin, akan tetapi isi pengajuannya sama termasuk alamat letak penggilingan tetapi nama pemiliknya berbeda,” tuturnya.

Diketahui dari informasi yang digali tim bahwa perihal adanya penggilingan pemecah batu, Pihak desa setempat tidak diajak koordinasi bahkan pihak Kecamatan Kepung juga tidak mengetahui perihal adanya kegiatan penggiligan pememecah batu yang diduga meresahkan warga sekitar Bakan berdiri diatas lahan hijau.

(HR/Ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *