Maspolin.id

Danramil Kedungreja Cek Alsintan, Siapkan untuk MT 1 Tahun Depan

Cilacap, Maspolin.id – Danramil 12/Kedungreja Kapten inf Tasino dan dua anggotanya melakukan pengecekan alat mesin pertanian (alsintan) pemanen padi combene. Pengecekan tersebut dilakukan di sekretariat Kelompok Tani (Poktan) Tani Makmur di Dusun Awiluar, Desa Kedungreja, Kecamatan Kedungreja, Rabu (4/9/2019).

Dalam pengecekan alat tersebut, Danramil dan anggotanya didampingi Ketua Poktan Tani Makmur Suparjo dan anggota BP2K Kecamatan Kedungreja.

Alsintan combene merek Lovol Gatra buatan Tiongkok itu memiliki karakteristik cukup baik sebagai alat pemanen padi. Dengan berat kosong 2.75 ton dengan power 63 KW dan model 4LZ-4G ini dalam waktu 1 jam bisa memanen 1 hektar di medan tanah kering.

Pengecekan oleh Danramil dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan ketertiban alsintan guna mendukung program Upsus ketahanan pangan nasional, sekaligus untuk meyakinkan bahwa alat combene tetap terpelihara dengan baik setelah dipakai untuk musim panen masa tanam (MT) 2 tahun 2019 ini.

Setelah dicek bersama, alsintan tersebut dalam keadaan bersih, lengkap, dan tidak ada kendala baik sistem motor penggeraknya maupun sistem tleser, dan aksesoris lainnya masih berfungsi dengan baik. “Pengecekan ini kita lakukan supaya mesin ini bisa digunakan lagi untuk musim panen MT 1 yang akan datang,” kata Kapten Inf Tasino.

Sementara menurut operator alsintan Ali Maskuri menjelaskan alat combene ini termasuk jenis baru. “Di wilayah Kedungreja masih pro-kontra, dan pemakaiannya belum banyak,” katanya.

Ali menambahkan, pada musim tanam 2 saat ini banyak petani yang menggunakan mesin tleser atau alsintan manual, karena cuaca cerah lahan sawah kering sehingga combene ini hanya dipakai 3 kali,” tutur Ali Maskuri.

Namun dia meyakini, pada MT 1 nanti jika panen raya dilaksanakan serentak dan dihadapkan dengan musim penghujan, petani dipastikan akan banyak yang membutuhkan alsintan ini. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *