Maspolin.id

Haornas Ke-36, Kodim Gelar Upacara

Cilacap, Maspolin.id – Kodim 0703/Cilacap menggelar upacara Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019.

Upacara ini dipimpin Kepala Staf (Kasdim) Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian di halaman Makodim Cilacap, Jateng, Senin (9/9/2019).

Bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Kasdim Mayor Inf Rofik Alfian, perwira upacara Kapten Cba M Isa Saefudin, dan komandan upacara dipercayakan kepada Kapten Inf Sidin yang sehari-hari menjabat sebagai Danramil 12/Sidareja.

Upacara diikuti prajurit baik perwira, bintara, tamtama, dan ASN TNI yang ada di lingkungan Kodim 0703/Cilacap, termasuk Satuan Balak Sub Denpom IV/1-1, Sub Zibang 021/IV, dan Rumkitbant 04.08.01 Cilacap.

Membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi, Kasdim mengatakan olahraga itu mudah karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

“Pembangunan dalam olahraga tidak hanya jasmani saja, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani berarti kita telah mendukung kebijakan Presiden tentang revolusi mental dan SDM yang unggul,” tutur Menpora.

Selanjutnya dikatakan, pembinaan atlet muda berbakat yang didukung talent identification dan talent scouting yang tepat telah dibuktikan pada perhelatan Asian School Games (ASG) 2019 di Semarang.

“Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan Indonesia mampu mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu,” kata Imam.

Hal itu pertanda bahwa kita telah menata pondasi olahraga prestasi yang cukup kuat yang dimulai sejak dini, atlet unggulan, dan atlet disabilitas.

“Untuk itu, kita telah memiliki harapan besar membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan berjenjang,” imbuhnya.

Tema Haornas tahun ini adalah Ayo Olahraga, di Mana Saja, Kapan Saja.

Hal itu mengandung makna optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga terkait Gerakan Ayo Olahraga.

“Mari sama-sama melaksanakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat. Olahraga harus menjadi kebutuhan dan gaya hidup,” tandas Imam.

Dengan gerakan tersebut akan menjadi jawaban atas permasalahan rendahnya derajat kebugaran masyarakat di Indonesia. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *