Maspolin.id

Dansat Brimob Dampingi Kapolda Kaltim Tinjau Pemadaman Kahutla

Penajam Paser Utara,Maspolin.id – Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M. beserta Pejabat Utama Polda Kaltim menuju Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Sabtu (14/09/2019).

Wilayah Kalimantan Timur yang sudah memasuki musim kemarau, banyak masalah-masalah yang di akibatkan oleh kemarau antara lain kekeringan dan yang paling menjadi perhatian penting adalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk mengatasi dan mencegah hal ini AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K mewakilii Dansat Brimob Polda Kaltim yang sedang bertugas menjadi Dansatgas Aman Nusa I 2019 di Polda Papua mendampingi Kapolda Kaltim dan Pejabat Utama Polda Kaltim Tinjau Pemadaman Karhutla di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Hal itu untuk mengarahkan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) dan meninjau kondisi setempat. “Kapolda Kaltim dan PJU akan mengendalikan proses mitigasi Karhutla menjadi sasaran prioritas utama,” ucap Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K, di Mako Brimob Polda Kaltim usai dampingi Kapolda Kaltim tinjau TKP Karhutla di Kabupaten PPU, Sabtu (14/9/2019).

Wilayah Polres PPU menjadi lokasi tinjauan para Pejabat Utama Polda Kaltim karena area itu cukup luas dan daerah-daerah nya sulit dijangkau perihal karhutla. Menggunakan kendaraan 4×4 para Pejabat Utama Polda Kaltim dan Kapolres PPU mengecek lokasi serta berkoordinasi dengan para Stakeholder (TNI, Pemda, dan instansi terkait) penanganan Karhutla yang ada di wilayah kabupaten PPU.

“Mengingat wilayah Kaltim merupakan wilayah yang masih banyak terdapat hutan dan seringnya pembukaan lahan untuk bercocok tanam oleh masyarakat yang kebanyakan masih di lakukan dengan cara membakar, maka dari itu saya rasa kegiatan seperti ini dinilai sangat penting agar karhutla bisa di tekan semaksimal mungkin dan pelaku bisa di proses sebagaimana hukum yang berlaku.” Ujar AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K selaku Plh. Dansat Brimob Polda Kaltim

Di tempat dan waktu yang berbeda Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Mulyadi, S.I.K. memerintahkan personel Satbrimob Polda Kaltim untuk mengamankan pelaku pembakaran hutan dan lahan serta segera serahkan kepada satuan kewilayahan agar di proses secara hukum. “Hal ini dilakukan supaya ada efek jera, sehingga kedepannya pelaku tidak melaksanakan pembakaran hutan dan lahan lagi dengan alasan apapun.” Tambah Kombes Pol Mulyadi, S.I.K.

Hum/Lilik.s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *