Maspolin.id

LDDK, 270 Pelajar SMA Negeri Jeruklegi Dibekali Wasbang, PBB, dan Outbond

Cilacap, Maspolin.id – Guna meningkatkan pengetahuan berbangsa dan bernegara serta peran penting generasi muda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Kodim 0703/Cilacap memberikan pelatihan pada Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK) kepada 270 pelajar SMA Negeri Jeruklegi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Area 70 Pantai Teluk Penyu Cilacap, ini dipimpin Danramil 01/Cilacap Kapten Kav Nurshohib Ansori bersama 5 anggotanya, Sabtu (14/9/2019).

Materi yang diberikan lebih bervariasi, bukan hanya teori wawasan kebangsaan namun juga materi lapangan yakni peraturan baris berbaris (PBB) dan outbond, untuk membentuk fisik serta disiplin peserta.

Nurshohib mengatakan, para pelajar harus dibekali wawasan kebangsaan guna menanamkan rasa cinta terhadap tanah airnya, karena pentingnya pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai generasi penerus.

“Rasa cinta tanah air harus ditanamkan sejak dini, untuk mencegah berbagai hal negatif. Ini penting diberikan kepada pelajar sebagai generasi penerus bangsa, sebab saat ini sudah banyak yang terjerumus dalam pergaulan bebas, pencandu narkoba, dan aksi tawuran pelajar,” ungkap Danramil.

Selain materi wasbang, pihak penyelenggara sengaja menyelingi dengan kegiatan lapangan yakni PBB dan outbond dengan tujuan agar para siswa tidak merasa jenuh setelah menerima materi wasbang.

“Kegiatan outbond ini sengaja kita sisipkan guna melatih para siswa untuk menjaga kekompakan dan mempunyai semangat persatuan, sehingga dapat melatih anak untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan sesama siswa,” tandasnya. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *