Maspolin.id

Lomba Train Naga dan Layang-layang Berlangsung Meriah

Cilacap, Maspolin.id – Lomba Train Naga, layang-layang, dan mewarnai gambar, meriahkan kegiatan Komsos Kreatif yang digelar Kodim 0703/Cilacap di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jateng, Minggu (15/9/2019).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-74 TNI serta HUT ke-69 Kodam IV/Diponegoro.

Dalam kegiatan ini, Kodim menggandeng Paguyuban Pelangi Kabupaten Cilacap.

Untuk lomba Train Naga, selain dari Kabupaten Cilacap, juga diikuti dari Yogyakarta, Solo, Purworejo, dan Magelang. Sedangkan untuk lomba layang-layang, mewarnai, workshop, diikuti peserta dari Cilacap.

Selain itu, juga digelar Bazaar UMKM.

Berbagai lomba yang digelar ini untuk memperebutkan Dandim Cilacap Cup 2019, Cilacap Kite Exhibitions ke-22.

Lomba disponsori oleh Biznet, Oppo, Immo, PT ASS Jakarta, Bank Gunung Slamet, PDAM Cilacap, Hotel Dafam Cilacap, Yes Radio, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap, PT Trisaka, Pabrik Es Saripetojo Cilacap, BPR BKK Cilacap, dan PT Bintang Putra Medika.

Dalam laporannya, ketua panitia dari Paguyuban Pelangi Cilacap Suprianto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya Lomba layang-layang Train Naga, mewarnai layangan, dan membuat layangan.

Suprianto mengharapkan adanya tempat sebagai monumen layang-layang yang sudah tidak layak diterbangkan. “Ke depan, kami dari Pelangi siap mendukung dan meramaikan obyek wisata Teluk Penyu Cilacap,” tandasnya.

Sementara itu, sambutan tertulis Dandim 0703/Cilacap yang dibacakan Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian menerangkan, kegiatan Festival Layang-layang di Pantai Teluk Penyu Cilacap ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu menjadi hiburan wisatawan dan warga sekitar. “Festival ini bukan hanya menyajikan pemandangan berbagai jenis layangan di angkasa, namun lebih dari itu akan ada banyak program lain untuk wisatawan dan warga Cilacap,” kata Kasdim.

Dengan adanya kegiatan ini, Dandim optimis mendatangkan wisatawan ke Cilacap bisa terealisasi. Wisatawan datang bukan hanya melihat keindahan alam tapi juga menyaksikan layang-layang besar menghiasi langit Cilacap.

“Tujuan festival ini untuk menjalin komunikasi sosial yang sehat, harmonis melalui tali silaturahmi TNI, Polri, dinas intansi, serta masyarakat Cilacap,” terang Dandim.

Kepada awak media, Kasdim selaku penyelenggara menjelaskan bahwa lomba yang digelar ini untuk melestarikan budaya permainan yang sebelumnya merupakan permainan anak-anak.

Train Naga ini sebuah layang-layang yang menggambarkan seekor naga yang terbang di udara, dimana dia membutuhkan tenaga atau power yang cukup besar. “Pesertanya lebih kurang ada 60 klub, layang-layangnya ada sekitar 136 buah,” tandasnya. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *