Maspolin.id

Pemkab Humbahas Presentasikan SAKIP dan RB Kepada Evaluator dari Kemenpan-RB RI Melalui Teleconference

Pemkab Humbahas Presentasikan SAKIP dan RB Kepada Evaluator dari Kemenpan-RB RI Melalui Teleconference

Humbahas, Maspolin.id—Pemkab Humbahas presentasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi kepada evaluator dari Kemenpan-RB melalui teleconference (1/10) di Pendopo, Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

Plt. Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindugan Simamora dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas bimbingan dan arahan Kemenpan-RB sehingga pada Tahun 2019 bisa mendapat predikat BB dan pada saat ini akan dievaluasi kembali untuk mengetahui dan memastikan bagaimana implementasi SAKIP di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Saut juga berharap panduan dan bimbingan dari pihak Kementerian dan Evaluator dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pemahaman serta peningkatan implementasi SAKIP dan RB pada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Humbang Hasundutan mohon diri untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui Vidcon bersama Forkopimda di Kantor Bupati.

Pada teleconference SAKIP dan RB tersebut, Sekretaris Daerah, Drs. Tonny Sihombing, MIP memimpin teleconference dan menjadi pemapar utama mewakili Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Sejumlah OPD turut memberikan presentasi dan laporan terkait kinerja mereka dalam mendukung SAKIP dan RB.

Sekretaris Daerah, Drs. Tonny Sihombing MIP meminta izin kepada Evaluator dan Kemenpan-RB bahwa seyogianya Bupati atau Wakil Bupati Humbang Hasundutan yang membawakan persentasi SAKIP dan RB ini, akan tetapi karena Bupati, Dosmar Banjarnahor, SE dalam masa cuti dan Wakil Bupati, Saut Parlindugan Simamora mengikuti Upacara Hari Peringatan Pancasila tahun 2020 secara virtual, saya ditugasi mewakili Pemerinah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pada paraparannya, Sekda menyampaikan bahwa Pemkab Humbang Hasundutan dalam hal ini kepala daerah dan wakil kepala daerah berkomitmen agar SAKIP bisa berjalan sesuai standar KemenPan-RB.

Adapun komitmen Pemkab Humbahas untuk perbaikan kinerja instansi pemerintah sudah dilaksanakan, sebagaimana yang dipaparkan Sekretaris Daerah melalui teleconference.

Implementasi SAKIP ini kembali pada apa yang menjadi harapan visi misi yang dituangkan dalam 6 (enam) Prioritas Pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Visi Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundtuan, “Mewujudkan Humbang Hasundutan yang Hebat dan Bermentalitas Unggul”

Humbang Hasundutan yang “HEBAT”

H = Humbang Hasundutan Na Martuhan jala maduma (Peningkatan Keimanan Kesejahteraan dan Kualitas SDM dan Sumber Daya Alam)

E = Eme Na Godang Tano Na Bidang (Mewujudkan Ketahanan Pangan)

B = Bahen Murah Arga Ni Pupuk (Penyediaan Saprodi dan Alsintan)

A = Asa Sinur Na Pinahan Gabe Na Niula (Peningkatan Ekonomi Kerakyatan)

T = Ture Dalan Tu Huta Sahat Tu Balian Asa Langku Na Ni Ula Dohot Tiga-Tiga (Peningkatan Kualitas Infrastruktur)

Dengan MISI

  1. Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam;
  3. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik;
  4. Meningkatkan Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan;
  5. Meningkatkan Ketersediaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah.

Enam (6) Prioritas Pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan, yaitu Pertanian, Pariwisata, UMKM, Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur.

Sejalan dengan Prioritas Pembanguan di Bidang Pertanian, Pemerintah Pusat juga memberikan perhatian di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan adanya Program Strategis Nasional di Kabupaten Humbang Hasundutan, yaitu Pengembangan Destinasi Pariwisata Danau Toba, Pengembangan Food Estate, Pengembangan Taman Bunga Nasional dan Pengembangan Taman Sains dan Taman Herbal (TSTH) Nasional, Pengembangan Hutan Raya Nasional membuka peluang dan menjadi faktor pendorong dalam Pembangunan Smart City di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dari seluruh penilaian oleh tim evaluator pada Tahun 2019, Pemkab Humbahas sudah melakukan tindak lanjut, yakni penyelarasan dokumen perencanaan, pelaksanaan review unsur perencanaan sesuai indikator kinerja utama, melakukan penilaian kinerja tahunan yang telah dimanfaatkan dalam penyusunan anggaran dan memonitor pencapaiannya.

Selain itu dilakukan juga penyempurnaan IKU (Indikator Kinerja Utama) dimulai dari pemerintah kabupaten, organisasi perangkat daerah, sampai pada tingkatan pejabat pelaksana (Staf), sekaligus melakukan review terhadap program kegiatan dan komponen anggaran untuk penyempurnaan IKU, serta penerapan SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah).

Sementara itu, tim evaluator menyambut baik komitmen Pemkab Humbahas yang terus berupaya meraih hasil yang lebih baik dengan memberikan beberapa masukan, sekaligus rekomendasi untuk dilengkapi.

Tim evaluator sudah memberikan masukan dan memberi kami rekomendasi terkait SAKIP yang sudah dipaparkan, untuk dipenuhi dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Adapun pada tahun 2019, SAKIP Pemkab Humbahas mendapat nilai BB dan Pemkab Humbahas yakin bahwa SAKIP dan RB Pemkab Humbahas bisa mempertahankan nilai yang sudah diperoleh sebelumnya.

Ebdy Boy Sihombing

Sumber :Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *