Maspolin.id

Abrasi Semakin Mengancam, Warga Winong Minta Penanganan Secepatnya

Maspolin.id, Cilacap – Abrasi yang telah lama dirasakan oleh masyarakat Winong Desa Slarang Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, kian hari semakin parah.

Forum Masyarakat Winong Peduli Lingkungan (FMWPL), Jumat (16/10/2020) mengadakan audiensi dengan pihak terkait di Pendopo Balai Desa Slarang, diantaranya Komisi C DPRD Kabupaten Cilacap, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Cilacap.

Dikatakan Riyanto dari FMWPL, bahwa abrasi Winong semakin parah, jika tidak segera direalisasi, akan membahayakan dan mengancam warga Winong.
Kami berharap, melalui komisi C, BBWS, dan PSDA, segera merealisasikan penanganan abrasi dengan tanggul beton atau Bronjong secara permanen.

Sementara itu, Taufik Urrokhman dari komisi C mengatakan, jika penanganan abrasi di Winong telah diajukan ke Pemerintah Pusat, karena itu kewenangan Pusat, meski telah diajukan namun tidak bisa terealisasi tahun ini.

Menurut Danang Kurnia Awami, dari LBH Yogyakarta mengatakan, dirinya mengapreasiasi telah diresponnya masalah abrasi tersebut yang sudah diajukan ke pusat, namun perlu diingat adalah kondisi sekarang di Winong sangat bahaya, untuk menunggu tahun depan atau 2 tahun kedepan belum menjamin keamanan masyarakat Winong dalam jangka waktu dekat ini.

Kami berharap, lanjut Danang, ada andil dari pemerintah setempat untuk meminimalisir abrasi tahun ini, sebab itu abrasi juga dari dampak PLTU, harusnya pemkab dapat mendorong PLTU Cilacap untuk penanganan abrasi secara tepat, pungkas Danang melalui kutipan tertulisnya, Sabtu (17/10/2020).

(Awan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *