Maspolin.id

Gustu Pencegahan Covid-19 Cilacap, Menggelar Oprasi Masker di Perbatasan Kabupaten Cilacap dan Kebumen

Maspolin.id, Cilacap – Operasi masker dalam rangka peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Pencegahan Corona Virus Disease 2019, PMI Nusawungu Menggelar Oprasi Masker diwilayah Perbatasan Ayah Kabupaten Kebumen dengan Jetis Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Senin (19/10/2020)

Kegiatan di pimpin oleh,
Agus Supriyono, S.Sos.M.Si Camat Nusawungu, serta personil Gugus Tugas (Gustu) covid-19 diantaranya koramil 05/Nusawungu 3 personil, Polsek Nusawungu 4 personil, Dishub 2 personil, UPT BPBD Kroya 5 personil, Satpol PP 5 personil, PMI 4 personil, dan Pramuka 2 personil, serta Tenaga Kesehatan (nakes) UPTD Puskesmas Nusawungu.

Dalam oprasi ditemukan sebanyak 22 pelanggar yang tidak menggunakan masker, dengan rincian 17 orang laki-laki dan 5 wanita, kepada pelanggar tim oprasi memberikan masker guna dipake dalam setiap aktifitas keluar rumah.

Sanksi yang diberikan kepada pelanggar berupa teguran lisan dan tertulis dalam bentuk berita acara pelanggaran, membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi pelanggaran.

Pelanggar juga diberikan sanksi agar membaca teks Pancasila, Menyanyikan lagu wajib, dan Push Up sebagai efek jera, serta sanksi sosial berupa menyapu dan menempatkan pada wadah jikrak untuk di buang ditempat sampah.

Pengurus PMI Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap Eko Junaedi, menyampaikan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat agar setiap aktifitas keluar rumah untuk selalau menggunakan masker, hal tersebut bertujuan guna pencegahan dan penularan Covid-19 di masyarakat, dan masyarakat untuk patuh dengan himbauan pemerintah dalam penerapan Protokol Kesehatan, pola hidup sehat sehari hari juga diutamakan agar masyarakat terhindar dari virus yang mematikan tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap Wasis, S.Sos, MM melalui staf bidang SDM dan Humas R. Endro Teguh Kusumo mengatakan PMI merupakan bagian dari tim Gustu covid-19 juga menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan (prokes) khususnya menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, serta selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS) hal ini merupakan salah satu dari bagian prokes serta selalu menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), semoga Pandemi covid-19 segera berakhir, pungkasnya.

Sebelumnya, lanjut Endro, PMI Kabupaten Cilacap juga melakukan spraying disinfektan di Kantor BKPPD Kabupaten Cilacap dan Sasana Diklat Praja BKPP Kabupaten Cilacap, dengan menurunkan 4 personil tim spraying terdiri dari staf Markas, TSR Unit Markas, dan dua dari KSR PMI unit STT Migas Cilacap, jelas Endro.

(Awan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *