Maspolin.id

PUASA

Oleh: S Stanley Sumampouw

Dalam agama saya, Katolik, kita juga mengenal PUASA dan MATI RAGA/BERPANTANG, tetapi kita tidak pernah ribut dan ribet ngurusi orang lain mau makan apa tidak. Apalagi sampai over acting dengan mengamankan puasa tsb dengan PERDA yg melarang orang berjualan makanan.

Buat saya urusan puasa adalah urusan pribadi saya dengan Tuhan dan IMAN SAYA, sama sekali tidak tergantung dan ada hubungannya dengan kegiatan makan minum orang lain.
Saya juga tidak berselera mengatur kelakuan dan urusan Iman orang lain. Dengan kata lain tidak berselera menjadi Penjaga dan Penegak Moral Keimanan Katolik umat lain.

Saya kebetulan pernah beberapa kali bertamu ke tempat teman muslim di siang hari di waktu puasa, dan disuguhi minuman dan makanan. Ketika saya protes, mereka malah bilang bahwa menyuguhi tamu yang tidak berpuasa adalah kewajiban dan pahala. Dan saya setuju dengan ini, masa imannya kerdil banget bisa dibatalkan dengan adegan makan minum?

Kalo lo gak kepengen terganggu puasa lo dan tidak ada godaan sama sekali, mengurung diri aja dikamar selama puasa tanpa tv dan radio juga. Karena apa yg lo liat dan dengar berpotensi membatalkan puasa lo, bro n sis!

Cinere Depok, Senin 19 April 2021, 06.55.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *