Maspolin.id

Dandim Sambas Pimpin Tradisi Penerimaan Anggota Baru

Sambas,maspolin.id-  Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Setyo Budiyono, SH. M.Tr (Han) memimpin tradisi penerimaan anggota baru, kegiatan ini dilakukan dengan cara jalan kaki dari Halaman Istana Kerajaan Kesultanan Alwatzikoebillah Sambas Sambas, Jl. Istana, Desa Dalam Kaum, Kec. Sambas Kab. Sambas yang berakhir di Makodim 1208/Sambas. Jum’at (11/06/21).

Upacara tradisi juga diikuti seluruh perwira staf, Danramil jajaran Kodim 1208/Sambas, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LII Dim 1208, serta pewakilan anggota.

Tradisi penerimaan anggota baru dimulai dengan Pembacaan Ikrar oleh anggota baru, penyiraman air bunga oleh pimpinan acara, penciuman bendera merah putih oleh anggota baru dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh pimpinan acara kepada anggota baru.

Acara tradisi penerimaan personil baru memiliki nilai strategis karena memiliki tujuan yang luhur untuk mewariskan nilai – nilai kejuangan para tokoh bangsa yang lekat dengan semangat rela berkorban, jiwa juang yang tinggi, militansi, jiwa korsa, rasa memiliki serta menjaga kehormatan dan kebanggaan terhadap satuannya.

Personil baru ini merupakan hal baru di satuan kita karena lazimnya prajurit yang masuk satuan teritorial adalah prajurit yang bermutasi dari satuan sebelumnya telah memiliki pengalaman bertugas di satuan lama, sehingga dianggap mampu untuk melaksanakan tugas teritorial.

“Laksanakan orientasi satuan dengan cepat, kenali satuan, pejabat satuan serta karakteristik wilayah,” pesan Dandim.

Anggota baru juga harus melaksanakan lapor sambil kenali tugas pokok satuan teritorial dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan meningkatkan ketaqwaan serta hindari pelanggaran.

Bagi personil organik senior agar dapat memberikan arahan dan pembinaan yang bernilai positif, memberikan contoh yang tauladan sehingga pembinaan personil dapat berjalan optimal.

Hum.Eri/Lilik.s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *