Maspolin.id

Kapolres Pimpin Simulasi Pilkati Serentak di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Kapolres Pimpin Simulasi Pilkati Serentak di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Lampung – Maspolin.id// Polres Tulang Bawang Barat mengadakan Simulasi Pengamanan Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kegiatan simulasi dilaksanakan di Lapangan Kelurahan Panaragan Jaya samping Polres Tulang Bawang Barat, Selasa (23/11/2021).

Simulasi pengamanan juga dihadiri oleh Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Sunhot P Silalahi, S.IK, M. M, Bupati Tulang Bawang Barat yang diwakili oleh sekda Nopriwan Jaya SP , Danramil Tbt dan Tbu, Danki Brimob Kompi III Batalyon B Pelopor Tuba Iptu Darwanto, SH, Kajari Tuba diwakili oleh Doan Adyaksa SH, MH , Para OPD Pemkab Tubaba, PJU Polres Tubaba, Para Camat Kabupaten Tubaba, Personil Polres Tubaba, Personil Kodim 0412 LU, dan Panitia Kepala Tiyuh Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam Sambutannya Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Sunhot P Silalahi, S. IK. M. M mengatakan, situasi pengamanan Pilkati ini sudah dipersiapkan, kita tidak mau tentunya sebagai Aparat Keamanan terutama TNI dan Polri maupun Pemerintah Daerah dalam hal ini Kapanitiaan dari Tingkat Tiyuh sampai Tingkat Kabupaten tidak mau Pilkatiyuh ini berjalan tidak sebagaimana mestinya, semua aturan-aturan kepanitiaan pelaksanaan dan bagaimana sistem pengamanan harus kita rencanakan dengan baik.

Simulasi ini juga bertujuan mengingatkan kepada personel tentang prosedur yang nantinya akan berjalan di TPS Pilkati. Dan juga mengingatkan anggota, bagaimana tata cara menangani permasalahan yang mungkin saja terjadi saat Pilkati nantinya.

Digelarnya acara simulasi Pilkati tersebut, dilengkapi dengan perlengkapan prosedur di TPS. Seperti, kotak suara, papan penghitungan suara dan hasil surat suara. Serta dalam simulasi itu pun, ada juga peserta pemilih, personel pengamanan, personel Linmas, panitia, serta dengan diperagakannya simulasi warga yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara tersebut.

Dalam sistem pengamanan itu pun nantinya, di 1 TPS ada satu personel Polres Tubaba, dan empat Linmas. Namun, jika nantinya diduga ada kerawanan, maka, di Satu TPS bisa lebih dari satu Personil Polres dan dua Linmas.

Kapolres Tubaba AKBP Sunhot P Silalahi, S. IK., M. M. berharap dengan digelarnya simulasi ini, personel siap menghadapi pengamanan pemilihan kepala tiyuh serentak di Kabupaten Tulang Bawang Barat. untuk pelaksanaan Pilaktiyuh tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun yang sudah, di tahun ini kita berada di masa Pandemi Covid-19 jadi Protokol Kesehatan harus benar-benar dilaksanakan dan harus ditegaknya guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan di setiap TPS juga harus lengkap Protokol Kesehatannya.

“Dan masyarakat juga sudah bisa menerima hasil voting, karena ada wadah yang disiapkan apabila ada sengketa atau ada kekurangan dalam penyelenggaraan ini, semoga Pilkati dapat berjalan aman, lancar, dan bermartabat, ” harapnya.

Kapolres menyampaikan, pada saat pelaksanaan simulai pengamaanan TPS, diingatkan kembali gambaran situasi di lapangan, sehingga anggota dapat mengetahui dan bisa mengambil tindakan tepat untuk situasi yang tidak diinginkan.

“Apabila ada hal-hal yang dinilai perlu diambil tindakan, segera melapor ke polres setempat dicegah lebih awal agar tidak meluas,” cetusnya Kapolres.

(Tim/YK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *