Maspolin.id

Prajurit Koramil Jajaran Kodim Cilacap Rutin Rawat Ribuan Pohon di Area Pantai Teluk Penyu

Maspolin.id, Cilacap – Wujud kepedulian dengan terus memelihara lingkungan agar tetap lestari, prajurit TNI Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap rutin melakukan perawatan dan pemeliharaan ribuan pohon yang telah di tanam di Area Teluk Penyu Cilacap. Seperti halnya yang dilakukan oleh Anggota TNI Koramil 15/Karangpucung, Jumat (29/1/2021).

Dipimpin langsung Danramil 15 Kapten Inf Umar Juhepa, seluruh anggotanya memasang palet kayu yang telah disiapkan untuk membuat pagar agar pertumbuhan pohon baik dan tidak patah. Selain memasang pagar, ada juga yang membersihkan rumput yang tumbuh di sekitar pohon agar air hujan ataupun pupuk organik yang telah disebar bisa diserap dengan baik.

“Saat ini, kita bersama seluruh anggota bersama sama turun ke lapangan guna merawat dsn memelihara pohon yang sudah kita tanam di area Teluk Penyu Cilacap ini. Kurang lebih 200 pohon yang kita rawat karena memang ribuan pohon yang telah ditanam oleh Kodim 0703/Cilacap beberapa bulan yang lalu dalam pertanggungjawaban perawatannya dibagi oleh seluruh Koramil Jajaran,” terang Danramil Kapten Inf Umar Juhepa.

Selain Koramil 15/Karangpucung, juga ada anggota dari Koramil Jajaran Kodim Cilacap lainnya yang melakukan hal yang sama. Mereka secara rutin melakukan pemeliharaan agar tanaman yang tertanam tidak rusak ataupun mati karena tidak ulah manusia yang usil. Dengan perawatan secara rutin diharapkan pohon ini dapat memberikan manfaat untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

“Kegiatan yang kita lakukan ini juga mengedukasi kepada warga tentang pentingnya menciptakan lingkungan laut yang indah dan asri karena tanaman ini selain investasi bagi generasi mendatang juga dapat mencegah adanya potensi ancaman bencana alam. Untuk itu, pentingnya dipelihara sehingga dapat tumbuh dengan baik, dan memberikan manfaat kedepan kepada generasi selanjutnya,” Pungkasnya.

(Awan)